Perilaku Konsumen : Pengolahan Informasi dan Persepsi Konsumen

Maret 26, 2011 at 12:11 am Tinggalkan komentar

pengolahan informasi terjadi pada diri konsumen ketika salah satu konsumen menerima input dalam bentuk stimulus yang dapat berbentuk produk, nama merek, kemasan dll.
Persepsi (Gibson et. al 1996)
Proses dari seseorang dalam memahami lingkungannya yang melibatkan pengorganisasian dan penafsiran sebagai rangsangan dalam suatu pengalaman psikologis.
Persepsi berperan dalam penerimaan rangsangan, mengaturnya dan menerjemahkan atau menginterpretasikan rangsangan yang sudah teratur itu untuk mempengaruhi perilaku dan membentuk sikap.

Tahapan Pengolahan Informasi
1. Pemaparan : menyebabkan konsumen sadar stimulus melalui panca indra. pemaparan terdiri dari Sensasi, Ambang Absolut, dan Ambang berbeda.
2. Perhatian : kapasitas pengolahan yang dialokasikan konsumen terhadap stimulus yang masuk. faktor stimulus dapat berupa : ukuran, warna, intensitas, kontras, posisi dll.
3. Pemahaman : interpretasi konsumen terhadap stimulus. ada tiga unsur : gambar dan latar belakang, pengelompokan, clossure.
4. penerimaan : dampak persuasif kepada konsumen.
Retensi : proses pemindahan informasi ke memori jangka panjang, pendek, memori sensori.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

MPS : Evaluasi Program Pengembangan Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah sebagai Implementasi Program CSR Perilaku Konsumen : Proses belajar Konsumen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Bogor Agricultural University (IPB)

IPB Badge


%d blogger menyukai ini: