BUDAYA

April 27, 2011 at 2:23 pm Tinggalkan komentar

Budaya adalah segala nilai, pemikiran, symbol yang mempengaruhi perilaku, sikap, kepercayaan, dan kebiasaan seseorang dan masyarakat. Budaya bukan hanya yang bersifat abstrak seperti nilai, pemikiran dan kepercayaan; budaya dapat berbentuk objek material. Objek material dari budaya disebut sebagai artifak budaya atau manifestasi material dari sebuah budaya.
Sikap dan Perilaku yang Dipengaruhi Oleh Budaya
Engel, Blackwell dan Miniard (1995) menyebutkan 10 sikap dan perilaku yang sangat dipengaruhi oleh budaya, yaitu :
1. Kesadaran diri dan ruang
2. Komunikasi dan bahasa
3. Pakaian dan penampilan
4. Makanan dan kebiasaan makan
5. Waktu dan kesadaran akan waktu
6. Hubungan keluarga, organisasi, dan lembaga pemerintah
7. Nilai dan norma
8. Kepercayaan dan sikap
9. Proses mental dan belajar
10. Kebiasaan kerja
Unsur-unsur Budaya
1. Nilai (Value) adalah kepercayaan atau segala sesuatu yang dianggap penting oleh seseorang atau suatu masyarakat. Nilai berate sebuah kepercayaan tentang suatu hal, namun nilai bukan hanya kepercayaan.
2. Norma (Norms) adalah aturan masyarakat tentang sikap baik dan buruk, tindakan yang boleh dan tidak boleh. Norma dibagi mejadi dua, pertama adalah norma (enacted norms) yang disepakati berdasarkan aturan pemerintah dan ketatanegaraan. Kedua norma (cresive norm) yang ada dalam budaya dan dapat dipahami serta dihayati orang tersebut berinteraksi dengan orang-orang dari budaya yang sama. Jenis cresive norms diantaranya adalah: kebiasaan, larangan, konvensi, mitos, dan symbol.
Pengaruh Budaya Terhadap Perilaku Konsumen
Produk dan jasa memainkan peranan yang sangat penting dalam mempengaruhi budaya, karena produk mampu membawa pesan makna budaya. Makna budaya akan dipindahkan ke produk dan jasa, dan produk kemudian dipindahkan ke konsumen. Makna budaya atau makna simbolim yang telah melekat kepada produk akan dipindahkan kepada konsumen dalam bentuk pemilikan produk (possession ritual), pertukaran (exchange ritual), pemakaian (grooming ritual), dan pembuangan (divestment ritual).
Budaya Populer
Mowen dan Minor (1998) mengartikan budaya popular sebagai budaya masyarakat banyak. Beberapa jenis budaya popular diuraikan berikut :
1. Iklan : dalam bentuknya seperti iklan media cetak (koran, majalah, dsb) telah menjadi cirri masyarakat modern.
2. Televisi : medium iklan yang paling banyak digunakan oleh para produsen karena jangkauannya yang luas dan kemampuan audio visualnya dalam menyampaikan iklan.
3. Musik : music telah menjadi budaya popular yang sangat penting, karena konsumen Indonesia sangat terbuka dalam menerima segala jennies musik.
4. Radio
5. Pakaian dan aksesoris
6. Permainan
7. Film
8. Computer
Budaya dan Strategi Pemasaran
Selama berabad-abad, bangsa Indonesia telah memiliki budaya untuk menggunakan tumbuh-tumbuhan local untuk merawat kecantikan, menjaga kebugaran tubuh, dan menyembuhkan berbagai penyakit. Jamu adalah obat tradisional masyarakat Indonesia khususnya Jawa yang telah dikonsumsi selama puluhan abad. Inilah salah satu contoh bagaimana pemahaman terhadap budaya suatu masyarakat bisa memberikan inspirasi untuk mengembangkan suatu produk industry.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Tugas pertama yang berasal dari lubuk hati yang terdalam #edisi lebay tugas kuliah perilaku konsumen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Bogor Agricultural University (IPB)

IPB Badge


%d blogger menyukai ini: